topbella

Minggu, 09 Oktober 2011

Belajar hidup bersih dan sehat dari rumah sendiri

sesungguhnya bagi anak-anak kita, apa yang dilihat dan apa yang dia dengar merupakan ilmu yang secara langsung didapat dari orang tuanya tanpa harus belajar di sekolah. Sebagai contoh, anak-anak kita dengan mudah menirukan gaya kita bergaya di depan cermin atau yang paling jelek dia menirukan gaya kita ketika “ mengumpat “ kata-kata yang tidak baik.
Pembelajaran yang di dapatnya adalah secara alamiah. Tanpa harus ada yang mengajarinya, tanpa harus ada yang membimbimgnya.
Ini menurut saya,  gaya mudah meniru pada anak-anak merupakan peluang bagi kita orang tua dalam menumbuhkan dan menanamkan gaya hidup bersih dan sehat pada anak-anak kita. Rumah adalah media murah dan sangat nyaman dalam membuat kelas “ khusus “ bagi pembelajaran tentang gaya hidup bersih dan sehat bagi anak-anak kita.
Dari dalam rumah kita dapat mensosialisaikan kepada mereka walaupun secara tidak langsung tentang bagaimana gaya hidup sehat dan bersih itu sesungguhnya. Dengan mengajaknya mencuci tangan sebelum makan atau sekalian menyikat gigi sekaligus menjelaskan mengapa hal itu kita lakukan serta apa saja manfaatnya.
Tentunya kalau hanya dengan sekali saja mungkin belum begitu mengena dan terekam dalam ingatan mereka. Tetapi jika dalam waktu yang lama dan berulang-ulang pasti akan mereka ikuti dan menjadi suatu kebiasaaan yang mereka sukai.
Rumah sebagai elemen lingkungan terkecil akan memberikan implikasi yang besar terhadap pengaruh perkembangan perilaku orang didalamnya. Kebiasaan dari dalam rumah pastinya akan dibawa keluar rumah.


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
ADHE YULIAN P
aku adalah............
Lihat profil lengkapku