topbella

Senin, 03 Oktober 2011

Kenali A-Z Penyakit Khas Perempuan


Perempuan baik karena pengaruh hormon maupun psikis, mudah terserang penyakit. Dengan mengetahui jenis dan gejala penyakit yang senang berakrab-akrab dengan Anda. Anda pun akan lebih mudah mengatasi bahkan mencegahnya.

ALERGI KOSMETIK
Semua kosmetik mengandung alergen potensial. Yang paling umum adalah lanolin, parfum dan pengawet (yang membuat kosmetik tak cepat rusak). Alergi kosmetik biasanya menyebabkan roam pada wajah. Daerah yang paling peka (di sekitar mata) adalah yang paling parah terserang, misalnya jadi bengkak dan gatal.

Kosmetik hipoalergenik memang tak mengandung parfum dan alergen yang umum. Tapi masih bisa menyebabkan alergi, karena semua campurannya adalah alergen yang potensial, serta mengandung lanolin dan pengawet. Jadi, untuk mengatasi alergi kosmetik, singkirkan dulu semua kosmetik. Selanjutnya, periksa dengan cermat kosmetik yang akan digunakan. Terutama, pilihlah yang tidak mengandung lanolin.

ALERGI LOGAM (NIKEL)
Alergi ini dikatakan diderita oleh 1 dad 10 wanita. Nikel adalah unsur logam yang ada pada hampir semua campuran logam, terutama yang digunakan untuk perhiasan imitasi, semisal perak dan emas campuran, serta emas sepuhan. Banyak wanita yang mengalami ekzema (gatalgatal, meleleh, ruam) pada telinga karena memakai anting anting semacam itu. Reaksi alergi juga bisa timbul karena pemakaian jam tangan, kancing baju, ritsleting, pengait bra/rok/celana luar.

Pemakaian nikel terus-menerus dapat menyebabkan nuam tersebar ke seluruh tubuh. Sebelum itu terjadi, ganti perhiasan imitasi dengan perhiasan perak mumi atau emas mumi. Selain itu, pilih pakaian yang kancing/pengait/ritsletingnya terbuat dari plastik

ALERGI PARFUM
Dalam parfum, ada banyak zat pewangi individual yang masing-masing muncul dalam parfum yang beriainan. Masing-masing zat tersebut dapat menimbulkan alergi jika tubuh menganggapnya sebagai alergen (pencetus alergi). Alergi parfum biasanya berupa ekzema. Jadi, memakai parfum semprot milik orang lain bisa saja mencetuskan ekzema pada kulit kita.

Langkah awal untuk mengatasi alergi parfum, tinggalkan semua produk yang menggunakan parfum. Misalnya, kosmetika tanpa parfum, sabun dan sampo tanpa parfum. Selanjutnya, Anda bisa pergi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut zat pewangi apa yang tak dapat ditolerir oleh tubuh.

ANEMIA
Anemia adalah keadaan yang disebabkan oleh rendahnya kadar hemoglobin darah. Hemoglobin adalah senyawa dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut zat oksigen ke dalam sel-sel tubuh.

Penyebab anemia adalah kekurangan zat besi (defisiensi zat besi) dan atau kekurangan vitamin B12, kehilangan darah seperti mimisan maupun menstruasi yang banyak. Selain kehilangan darah setiap bulan, kehamilan juga memicu anemia, karena volume darah saat hamil meningkat sehingga jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah pun meningkat pula.

Jika kekurangan zat besi ini tinggi, sel-sel darah merah pembawa oksigen pun berkurang. Akibatnya, perempuan menjadi pucat, keletihan yang sangat, lemah, berdebar, sesak napas, dan bahkan pingsan. Namun penelitian menunjukkan, bayi dari ibu anemik jarang kekurangan zat besi. Jika ibu sedang hamil, bayi pun berisiko lahir kecil atau prematur.

Yang dapat dilakukan
  • Jika ierdapat gejala anemia, periksalah ke dokter untuk menentukan dan mengobati penyebabnya.
  • Makanlah makanan yang kaya besi, seperti daging berwarna merah, hati, kacang-kacangan kering, buah-buahan kering, sayuran hijau dan gandum.
  • Dalam kehamilan, tambahkan pil besi.
ANOREKSIA NERVOSA
Perempuan sangat memperhatikan tubuhnya dan percaya bahwa kurus, langsing, dan ramping itu indah. Kepercayaan berlebihan ini dapat melahirkan penyakit mental berupa menolak makan.

Gejalanya adalah, merasa gemuk meski bent badannya di bawah ukuran normal, segan atau hilang nafsu makan, kelelahan, lemah, makan dengan rakus untuk kemudian dimuntahkan kembali (bulimia).

Yang dapat dilakukan
* Kunjungi dokter/ahli jiwa jika terdapat tanda-tanda demikian.

BATU EMPEDU
Batu empedu adalah endapan kolesterol (yang terdapat dalam cairan empedu) di dalam kantung empedu. Ini akibat empedu tak dikeluarkan semua dari kantungnya. Jika makin besar, batu-batu ini tidak dapat keluar melalui saluran empedu dan menekan kantung empedu, sehingga menimbulkan nyeri.

Sebagian pakar mengatakan, kaum wanitalah yang cenderung mendapatkan gangguan batu empedu. Dan di antara kaum wanita, mereka yang perangainya tenanglah yang lebih banyak terkena, ketimbang yang penampilannya selalu gelisah. Para pakar kejiwaan juga menyatakan, orang-orang yang batiniah tegang tapi lahiriah tenang.
Sumber: Tabloid Ibu Anak

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
ADHE YULIAN P
aku adalah............
Lihat profil lengkapku